Apa Yang Dimaksud Dengan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

March 18, 2018

Apa Yang Dimaksud Dengan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi

Apa Yang Dimaksud Dengan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi Dalam kehidupan semua insan pasti mempunyai sesuatu yang bertolak belakang antara insan satu dengan insan lainnya. Mulai dari sifat, sikap, dan tingkah laku juga berbeda. Maka dari tersebut manusia dinamakan dengan makhluk ekonomi atau homo economicus dan makhluk sosial atau homo socius.
Baca juga : Kursus online
Manusia tentu mempunyai kebutuhan-kebutuhan hidup yang mesti terpenuhi demi kelangsungan hidupnya. Dan insan pasti mempunyai keberagaman dalam memenuhi keperluan tersebut dan tidak pernah merasa puas bakal apa yang sudah dia miliki ketika ini. Manusia tidak jarang kali mempunyai sifat untuk membetulkan dan menambah kualitas dalam dirinya.

Manusia sebagai makhluk ekonomi atau dalam bahasa biologi yakni Homo Economicus ialah manusia yang masing-masing waktu dan tindakannya tidak jarang kali didasari oleh benak yang rasional. Contoh perbuatan yang anda lakukan sebagai makhluk ekonomi, pada saat kamu pergi ke pasar, disana ada penjaja dan pembeli. Dimana penjaja selalu memberi harga yang relatif mahal, dan seorang pembeli tidak jarang kali menawar barang itu dengan harga yang relatif murah dan berjuang untuk mendapatkannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi 
Dalam pekerjaan sehari-hari, insan selalu menggali keuntungan untuk dirinya sendiri. Kesimpulannya bahwa insan akan mengerjakan pertimbangan guna mendapatkan deviden yang lebih tidak sedikit dan mendapat kerugian yang lebih tidak banyak untuk dirinya. Hal itu dapat ditetapkan bahwa insan disebut makhluk ekonomi atau homo economicus yakni makhluk yang beraksi dengan segala perhitungan rasional dan selalu berjuang mencari deviden yang sebesar-besarnya guna dirinya sendiri. Maka dari tersebut manusia sebagai makhluk ekonomi mempunyai ciri individualistis, konsisten, rasional dan selalu menggali keuntungan.

Ciri dari makhluk ekonomi yakni selalu beraksi menurut desakan untuk kepentingan dirinya sendiri yang secara langsung untuk mengisi kebutuhannya sendiri dan tidak memikirkan kerugian orang lain, mempunyai rasa ketidakpuasan yang tidak terbatas, dan tidak jarang kali berusa guna menjadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Lalu hal yang memprovokasi makhluk ekonomi dalam mengisi kebutuhannya yaitu lokasi tinggal, pendidikan, usia, kedudukan sosial, perbedaan selera, tingkat pendapatan, sumber daya insan dan alam yang tersedia. Dengan hal tersebut jelas insan akan menjadi makhluk ekonomi yang melulu memikirkan kebutuhannya sendiri.

Sedangkan apa yang dimaksud dengan insan sebagai makhluk sosial ? insan sebagai makhluk sosial atua dapat disebut dengan homo socius ialah manusia yang tidak daat hidup sendirian. Mereka selalu memerlukan orang beda dalam menjalankan tugasnya atau dalam hidupnya. Berikan misal minimal 2 tindakan anda sebagai makhluk sosial, contohnya seperti kalian mempunyai tugas sekolah, kemudian kalian tidak memahami tugas tersebut, maka dari tersebut kalian pasti memerlukan orang beda yang lebih memahami tentang tugas kalian. Ketika kamu sedang pergi ke sebuah tempat sebab urusan yang sangat urgen dan kamu tidak mempunyai kendaraan guna pergi ke lokasi tersebut, maka kamu akan perlu kendaraan yang stand by guna mengantarkan kamu ke lokasi tersebut, contoh taxi, atau secara online contoh taxi online, atau kendaraan umum lainnya.

Intinya dalam insan sebagai makhluk sosial yaitu insan tidak dapat hidup tanpa pertolongan orang lain, hingga mati pun anda psti membutuhkan pertolongan orang lain. Bahkan anda lahir kedunia pun pun membutuhkan pertolongan orng lain yakni ibu yang telah mencetuskan kita ke dunia ini.

Di dunia ini tentu memiliki tidak sedikit kepribadian yang mencerminkan manusia tersebut memang benar tergolong dalam makhluk ekonomi. Inilah misal tindakan yang dilaksanakan sebagai makhluk ekonomi :

Ketika kamu sedang jenuh tidak ada kegiatan dirumah, maka kamu akan menciptakan suatu kerajinan yang unik sebab bakat kamu yang terdapat pada diri anda. Dengan hasil kerajinan anda, seseorang yang melihatt paling tertarik dan hendak membelinya. Dari sana bermula kamu membangun suatu usaha kerajinan dan menjualnya dengan harga yang seandainya keuntungannya lebih banyak daripada kerugiannya.
Ketika kamu sangat memerlukan uang guna kebutuhan kamu dan kamu sangat bingung bagaimana teknik untuk memenuhi keperluan anda. Lalu kamu melihat lemari baju kamu dan mempunyai pemikiran untuk memasarkan baju-baju kamu yang sudah lama tidak di gunakan dan tidak muat lagi guna dipakai. Maka kamu akan memasarkan baju kamu di pinggir jalan guna mendapatkan uang.
Sedikit pembahasan kami mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi ? Pengertian dan Contohnya . Semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman

0 comments