Apa yang di maksud blog

March 18, 2018

Apa yang di maksud blog

Apa yang di maksud blog - Blog adalah singkatan dari web log ialah bentuk software web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada suatu halaman web. Tulisan yang biasanya dimuat dengan urutan berbalik (isi teranyar dahulu sebelum dibuntuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya begitu. Situs web laksana ini seringkali dapat diakses oleh seluruh pemakai Internet cocok dengan topik dan destinasi dari si pemakai blog tersebut

Sejarah


Media blog kesatu kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dipunyai oleh Pyra Labs sebelum kesudahannya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.[2] Semenjak itu, tidak sedikit ada aplikasi-aplikasi yang mempunyai sifat sumber tersingkap yang diperuntukkan untuk perkembangan semua penulis blog tersebut.

Blog mempunyai faedah yang paling beragam, mulai dari sebuah daftar harian, media publikasi dalam suatu kampanye politik, hingga dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang pengarang tunggal, sedangkan sebagian lainnya oleh sejumlah penulis. Banyak pun blog yang memiliki kemudahan interaksi dengan semua pengunjungnya, laksana menggunakan kitab tamu dan kolom komentar yang bisa memperkenankan pengunjungnya guna meninggalkan komentar atas isi dari artikel yang dipublikasikan, tetapi demikian ada pun blog yang mempunyai sifat sebaliknya (non-interaktif).

Apa yang di maksud blog
Situs-situs web yang saling sehubungan berkat blog, atau secara total merupakan kelompok blog tidak jarang disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kelompok gelombang aktivitas, informasi dan opini yang paling besar berulang kali hadir untuk sejumlah subjek atau paling kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka urusan tersebut sering dinamakan sebagai blogstorm atau badai blog.

Komunitas Blogger

Komunitas blogger ialah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] menurut kesamaan-kesamaan tertentu, seperti keserupaan asal daerah, keserupaan kampus, keserupaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut seringkali sering menyelenggarakan kegiatan-kegiatan bersama-sama laksana kopi darat.

Untuk dapat bergabung di komunitas blogger, seringkali ada semacam kriteria atau aturan yang mesti diisi untuk dapat masuk di komunitas tersebut, andaikan berasal dari wilayah tertentu.

Jenis-jenis blog


  • Blog politik Membahas artikel, politik, aktivis, dan semua permasalahan berbasis blog (Seperti campaign).
  • Blog pribadi Disebut juga kitab harian online yang berisikan mengenai pengalaman sehari-hari seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan pembicaraan teman.
  • Blog bertopik Biasanya membicarakan tentang sesuatu, dan konsentrasi pada kupasan tertentu.
  • Blog kesehatan Lebih spesifik mengenai kesehatan. Blog kesehatan banyak sekali berisi mengenai keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan mengenai kesehatan, dll.
  • Blog sastra Lebih familiar sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan Mengarah pada kupasan cerita perjalanan yang mengisahkan keterangan-keterangan mengenai perjalanan/traveling.
  • Blog mode Sering disebut dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, pertumbuhan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset Persoalan mengenai akademis laksana berita penelitian terbaru.
  • Blog hukum Persoalan mengenai hukum atau hal hukum; disebut pun dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media Memusatkan pada kupasan berbagai macam informasi
  • Blog agama Membahas mengenai agama
  • Blog pendidikan Biasanya ditulis oleh student atau teacher.
  • Blog kebersamaan Membahas lebih spesifik ditulis oleh kumpulan tertentu.
  • Blog tuntunan (directory) Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis Dipakai oleh karyawan atau wirausahawan untuk pekerjaan memperkenalkan bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan Terarah mengenai objek di luar manusia; laksana anjing
  • Blog pengusik (spam) Digunakan guna promosi bisnis influencer pun dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus) Difungsikan sebagai perusak
  • Blog gaya hidup (lifestyle) Berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal sangat baru di dunia maya
  • Blog parenting Berisi topik berkisar menjadi orangtua dan pengalaman merawat anak

Budaya populer

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia guna blogging) mesti dilaksanakan hampir masing-masing waktu guna mengetahui keberadaan dari empunya blog. Juga untuk memahami sejauh mana blog diasuh (mengubah template) atau meningkatkan artikel. Sekarang terdapat lebih 10 juta blog yang dapat ditemukan di internet[butuh rujukan], dan masih dapat berkembang lagi, sebab saat ini ada tidak sedikit sekali perlengkapan lunak, peralatan, dan software internet beda yang mempermudah semua blogger (sebutan empunya blog) guna merawat blognya. Di samping merawat dan terus mengerjakan pembaharuan di blognya, semua blogger yang termasuk baru juga masih sering mengerjakan blogwalking, yaitu kegiatan para blogger meninggalkan tautan di blog atau website orang beda seraya menyerahkan komentar.

Beberapa blogger sekarang bahkan sudah menjadikan blognya sebagai sumber pendapatan utama melewati program advertising (seperti GA, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliate). Sehingga lantas timbul istilah blogger profesional, atau newbie, yakni orang yang menggantungkan hidupnya melulu dari kegiatan ngeblog, karena tidak sedikit saluran penghasilan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari kegiatan ngeblog ini.

Risiko kejahatan

Karena blog sering dipakai untuk menulis kegiatan sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun menggerakkan pandangan-pandangan penulisnya tentang sekian banyak  macam topik yang terjadi dan guna berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi untuk para haking, peretas identitas, spy, dan beda sebagainya. Banyak file rahasia dan penulisan isu yang peka ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berdampak dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, ditutup aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

0 comments