Apa yang dimaksud informatika

March 18, 2018

Ada sejumlah jenis definisi informatika dari sejumlah sumber di antaranya: 


  • Berdasarkan keterangan dari Wikipedia "Informatika adalah disiplin ilmu yang membahas transformasi kenyataan berlambang yakni data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi". 
  • Berdasarkan keterangan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) "Teknik Informatika ialah kumpulan disiplin yan mengolah kenyataan berlambang data dan informasi memakai mesin (komputer)".
  • Berdasarkan keterangan dari IT "Pengertian informatika (Inggris: Informatics) merangkum struktur, sifat, dan interaksi dari sejumlah sistem yang digunakan untuk mengoleksi data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data serta menampilkannya dalam format informasi". 

Sedangkan bidang ilmu yang tergolong dalam informatika, meliputi sejumlah macam, tergolong di dalamnya, ilmu komputer, ilmu informasi, kiat komputer dan software informasi dalam sistem informasi manajemen. Aspek dari informatika sebetulnya lebih luas dari sebatas sistem informasi berbasis komputer saja sebab masih tidak sedikit informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer yang bisa dimasukkan di dalam aspek informatika ini. 

Konsep Informatika 


Informatika memiliki konsep dasar, teori dan perkembangan software tersendiri. Informatika dapat menyokong dan sehubungan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk mengenai pengaruh serta dampak sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam sejumlah macam bidang, laksana bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang menyokong ilmu perpustakaan merupakan sejumlah contoh yg beda dari bidang informatika. 


Berdasarkan keterangan dari Wikipedia, secara luas ruang lingkup informatika meliputi sejumlah aspek:

  1. Teori informasi yang mempelajari konsep ilmu pasti dari sebuah informasi
  2. Ilmu informasi yang mempelajari tentang teknik pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penaruhan, pengambilan, dan penyebarluasan berita untuk kebutuhan social dan kebudayaan secara lengkap
  3. Ilmu komputer dan kiat komputer yang mempelajari mengenai pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan memakai teknologi komputer dan alat beda yang berbasis komputer 
Informatika adalahsalah satu cabang keilmuan yang lumayan luas karena nyaris mencakup dan berhubungan dengan sekian banyak  hal mengenai kehidupan ini, dimana kelompok disiplin informatika ini mencakup sains maupun kiat yang secara spesifik mengubah data menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal barangkali teknologi informasi atau komputer. 

Jika disaksikan secara lengkap dari definisi di atas, pendekatan logika dan sistematika adalahciri yang lumayan dominan dari informatika ini, menilik pendekatan itu adalahkunci dalam urusan mendapatkan penyelesaian menyelesaikan sekian banyak  masalah. 

Pada prinsipnya, keilmuan ini lebih menekankan bagaimana sebuah data dan informasi dapat diubah sedemikian dengan berbantuan teknologi yang terotomatisasi itu tidak melulu dalam satu mesin, namun dapat melibatkan sejumlah mesin. Mesin ini lebih umum dinamakan dengan komputer. 

Komputer sebagai bahan utama dalam bidang keilmuan ini mempunyai peranan yang paling tinggi sampai-sampai informatika secara simpel mengupas mulai dari bagaimana mesin tersebut dapat bekerja, bagaimana sebuah data diubah dengan teknik yang dimengerti oleh mesin sedangkan kabarnya dimengerti pun oleh insan sampai bagaimana mesin tersebut dapat berkomunikasi dengan mesin lainnya.

0 comments