Apa yang di maksud burning CD atau DVD

March 19, 2018
Sobat apa yang di maksud, kali ini saya akan menyatakan sedikit mengenai apa tersebut yang namanya burning file ke CD/DVD. Jadi, tidak boleh ke mana-mana dulu sebelum membaca tulisan ini hingga paragraf terakhir.

Burning tersebut berasal dari bahasa inggris, dengan kata lain membakar. Tapi, maksud burning CD/DVD di sini bukanlah menghanguskan cd dengan api ya.. Tapi itu cuma istilah..

Pengertian burning data ke CD


Burning data ke CD/DVD ialah sebuah proses penulisan suatu data ke dalam CD/DVD kosong yang dilaksanakan oleh DVD drive di laptop atau computer.

Jadi bila Anda baru melakukan pembelian CD atau DVD kosong, maka kita tidak dapat mengisinya begitu saja dengan mengalihkan data dari komputer ke dalam DVD tersebut laksana Anda mencopy data ke dalam flash disk.
Apa yang di maksud burning CD atau DVD
Anda perlu memakai software software untuk burning CD/DVD supaya data di komputer atau laptop dapat dimasukkan ke CD kosong itu. Contoh software yang tidak jarang saya gunakan ialah Nero dan Ashampoo. 

Di dalam suatu CD/DVD RW, ada laser yang bermanfaat untuk menyimak dan menulisi suatu kepingan CD/DVD. Ketika dipakai untuk mencatat sebuah CD/DVD, laser yang dipakai terkadang akan menyerahkan efek panas pada kepingan CD/DVD Anda. Nah, barangkali itulah asal mula kenapa sampai mencatat data ke CD dinamakan burning.

Secara Garis Besar, terdapat 3 macam jenis burning yang saya tau

1. Burning dari suatu data/file ke CD/DVD


Untuk misal ini, saya hendak memasukkan data/file yang saya miliki ke suatu CD/DVD.

2. Burning dari CD ke CD, DVD ke DVD, atau dari CD ke DVD


Ini dapat dibilang copy disk. Jadi yang anda lakukan ialah seperti memperbanyak sebuah CD yang sudah mengandung ke CD kosong.. begitu sobatku...

3. Dari Image File ke CD/DVD, atau kebalikannya dari CD/DVD dijadikan file image


Sebenarnya ini juga nyaris sama laksana yang nomor 1 sobatku. Cuma, file yang bakal diburning eksklusif file image saja.

Sampai di sini, saya anggap kita sudah memahami apa tersebut yang dimaksud burning CD/DVD. Jadi, tulisan ini tidak butuh saya perpanjang lagi.

Jika terdapat yang hendak ditambahkan, silahkan ditambahkan lewat komentar.. Wassalam.. :)

0 comments