Apa yang di maksud dengan cd rom

March 19, 2018
Apa yang di maksud CD-ROM CD-ROM adalah kependekan dari “compact disc read-only memory” ialah sebuah piringan compact dari jenis piringan optik (optical disc) yang bisa menyimpan data. Ukuran data yang dapat ditabung saat ini dapat mencapai 700MB atau 700 juta bita CD-ROM drive hanya dapat digunakan untuk menyimak sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM dipisahkan menjadi 2 menurut keterangan dari tipenya yakni : ATA/IDE dan SCSI. Yang sangat mendasari dari perbedaan tersebut ialah kecepatannya. Kalau ATA mempunyai kecepatan 100-133Mbps sementara SCSI mempunyai kecepatan kira-kira 150 Mbps. Bagi tipe SCSI seringkali ditemuka pada CR RW drive. Pada CD ROM ada tulisan 56X dengan kata lain kemampuan menyerahkan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD RW juga seringkali dipisahkan menurut kemapuan menghanguskan dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 dengan kata lain memiliki keterampilan membakar pada CD R seccepat 12x, menghanguskan pada CD RW secepat 8x dan menyimak CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x.

Apa yang di maksud dengan cd rom, fungsi dan cara kerjanya

Fungsi

Telah di sampaikan bahwa CD ROM mempunyai makna bahwa suatu Hadware yang hanya dapat membaca CD saja. Di samping kegunaan dasar itu CD ROM juga dipakai untuk mengerjakan penginstalasian suatu OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau mengerjakan booting pada ketika msuk ke OS bila suatu System tidak inginkan berjalan.

Cara kerja

Pada CDROM informasi yang tersimpan pun berupa 0 dan 1. Jelas angka 0 dan 1 ini bukan langsung ditulis berwujud angka 0 dan 1 tetapi merupakan suasana pada susunan tertentu pada CD-ROM tersebut. CD-ROM yang dibicarakan disini ialah CD ROM yang dicap lain CD-R ataupun CD-RW. Pada dasarnya seluruh CD menyerahkan informasi memakai teknik apakah sebuah sinar yang ditunjukkan pada sebuah posisi bakal dibalikkan ke titik tertentu atau tidak. Selisihnya terletak menurut teknik CD itu melakukannya. Pada CD-ROM yang selayaknya dicetak, dipantulkan tidaknya sebuah sinar tersebut ditentukan oleh cetakan yang dipakai. Jadi cetakan yang dipakai harus dicocokkan dengan informasi yang hendak disimpan.

Apa yang di maksud dengan cd rom
Setelah dicetak tidak dapat lagi diubah data digital yang tersimpan pada CD-ROM tersusun mulai dari unsur terdalam pada CD-ROM mengarah ke ke unsur terluar dari CD-ROM. Di samping lapisan yang bermanfaat untuk memantulkan cahaya, masih ada sejumlah bagian beda dari CD-ROM. Suatu CD-ROM seringkali mempunyai 4 buah bagian, yakni label, protective layer, reflective layer, dan polycarbonate plastic.

Pada pembacaannya sendiri CD-ROM ini bakal diputar dengan kecepatan sudut yang tinggi. Oleh karena tersebut pola yang dicetak pada CD-ROM itu harulah mempunyai tingkat presisi yang tinggi. Bila ini tidak dipenuhi, pembiasan informasi dapat saja terjadi. Pada CD-ROM Drive masa kini, kecepatan sudut ini bakal terus dijaga hingga pada ketika pembacaan unsur terluar dari CD-ROM. 

Hal ini menciptakan kecepatan linier (kecepatan pembacaan) semakin tinggi pada wilayah yang semakin luar. Dengan kecepatan setinggi ini CD-ROM Drive yang dipakai juga mesti mempunyai tingkat presisi yang tinggi pula. Oleh karena tersebut wajar saja bila sebuah CD-ROM Drive akan mengerjakan pembacaan dengan kecepatan yang lebih rendah terhadap CDROM yang telah mengalami tidak sedikit gangguan laksana halnya goresan.

Ciri – ciri

  • Media penyimpanan optik
  • Mengunakan sinar laser guna membaca
  • Kecepatan akses cepat
  • Lebih tahan lama/tedak gampang rusak

Pengertian CD-RW Drive

  1. CD-RW ialah drive yang memiliki keterampilan membaca kepingan cd dan pun mampu mencatat di kepingan cd blank, kerennya burn,
  2. CD-RW ialah Hardware komputer yang dapat menyimak dan mencatat pada piringan CD.

Fungsi

CD-RW Drive memakai sinar laser merah untuk mencatat informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak bisa dihapus, atau CD-RW discs, yang bisa terhapus dan terdaftar sekitar 1000 kali.CD-RW drive yang dipakai untuk menciptakan CD audio, yang bisa diputar di nyaris semua player, atau data discs, yang bermanfaat untuk menciptakan cadangan atau mentransfer file.

Jenis yang lain

  • CD-R (compac disc-recordble) bisa mensave data lumayan besar hingga dengan 700 Mb. data yang ada di cd-r pun tidak bisa di hapus. Perbedaan dengan cd rppm ,kita bisa menulikan data sampai sejumlah kali asalkan kapasitas penyimpanan di cd-r belum penuh. untuk mencatat data ke cd-r saya dan anda butuh perangkat keras yang dinamakan cd writer.
  • DVD (digital versatile disc) memiliki kapasitas penyimpanan lumayan besar bila dikomparasikan dengan cd-room yang ukuranya sama besar.DVD memiliki kualitas penyimpanan paling baik.dvd dapat digunakan guna menyimpan file berupa film.DVD tidak bisa dibaca oleh cd room drive.oleh sebab itu,bila hendak komputer kamu dapat memutar cd, komputer anda harus dilengkapi dengan dvd drive. Saat ini di pasaran sudah tersedia dvd drive yang dapat dipakai untuk menyimak dvd sekaligus bermanfaat sebagai cd writer atau tidak jarang dikenal dengan istilah DVD combo.
  • DVD –RW (digital versatile disc-rewriteable) ialah tempat penyimpanan yang adalah versi beda dari dvd. Berbeda dengan dvd yang melulu dapat di baca, maka dvd-rw bisa ditulis dan di hapus, sebab kemampuan dvd-rw yang bisa ditulis dan di hapus, maka harga suatu dvd-rw jauh lebih mahal dikomparasikan dengan DVD.
  • CD-RW (compac disc rewriteable) adalahversi beda dari cd- room yang dilengkapi keterampilan untuk dibaca dan ditulis, kita bisa menghapus data yang ada di cd-rw dan lantas mengisinya dengan data yang lain. menghapus dan mencatat data pada cd-rw dilaksanakan dengan pertolongan cd writer.

0 comments